01 April 2008

Buruh Migran Jember Peringati Hari HAM Se-Dunia

Peringatan hari Hak Azasi Manusia (HAM) sedunia —yang jatuh pada tanggal 10 Desember— sudah menjadi agenda rutin dari kalangan aktivis HAM untuk mengenang para korban pelanggaran HAM dan untuk mendesakkan pemenuhan serta perlindungan HAM kepada pemerintah. Ini jadi hal penting untuk senantiasa disuarakan.

Demikian pula yang dilakukan oleh para mantan Buruh Migran Indonesia (BMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang tergabung dalam Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) cabang Jember Jawa Timur. Pada peringatan hari HAM ini SBMI cabang Jember mengambil tema: ”Penuhi & Lindungi Hak-Hak BMI asal Jember!!!”

Menurut koordinator peringatan hari HAM sedunia ini, Indah Lestariasih, pengambilan tema ini bertolak dari banyaknya kasus pelanggaran hak-hak buruh migran asal Jember mulai sejak proses perekrutan, penampungan, proses keberangkatan, di tempat kerja, proses kepulangan hingga di kampung halaman. Pelanggaran ini baik dilakukan dikarenakan oleh kelalaian atau pembiaran pemerintah terhadap terjadinya pelanggaran hingga sengaja didorong oleh pemerintah terhadap terjadinya pelanggaran hak-hak BMI/TKI asal Jember.

Dengan memperingati hari HAM sedunia ini, diharapkan nantinya ada suatu perubahan kebijakan pemerintah baik pemerintah pusat, provinsi maupun tingkat kabupaten Jember yang berprespektif HAM yakni memenuhi dan melindungi hak-hak setiap warga negara Indonesia tidak terkecuali para buruh migrannya yang selama ini banyak mengalami atau menjadi korban pelanggaran HAM.

Untuk mendekatkan peringatan hari HAM sedunia ini kepada masyarakat umum, SBMI Jember menyiapkan beragam acara kemanusiaan yang digelar dengan cara-cara yang merakyat dan membumi.
Deretan acara peringatan hari HAM ini mulai dari Paduan Suara SMA 1 Ambulu Jember, lagu-lagu kebangsaan dan perjuangan persembahan dari MAN 1 Jember-MI Muhammadiyah 1-2 Ambulu Jember-STAIN Jember dan para mantan BMI, parodi anak-anak BMI/TKI, teater persembahan dari Genta Surabaya dan STAIN Jember, puisi-puisi persembahan para mantan BMI, talk show di tiga stasion radio swasta (Soka FM, Kiss FM dan Prosalina FM) Jember, halaqoh masyarakat, tokoh agama, aktivis dan budayawan Jember.

“Acara puncak yakni konser kemanusiaan persembahan duta BMI Franky Sahilatua,” kata Indah.

Antusiasme masyarakat Jember mengikuti acara peringatan hari HAM sedunia ini bisa kita lihat dari semangat mereka mengikuti acara demi acara, dari pagi sampai malam.

Apa kesan yang ditangkap masyarakat? Banyak dari antara mereka menyeletuk, ini benar-benar kampanye kemanusiaan yang luar biasa dan perlu kita lakukan setiap tahun karena dengan acara semacam inilah masyarakat bisa merasakan dan menyadari adanya pelanggaran HAM. Dengan cara beginilah kita bisa mendesakkan pemerintah secara lebih luas, ungkapan mereka. (0329)

No comments:

LAPORAN
MEDIA MASSA!