11 July 2007

Lagi, TKW Asal Jember Tewas

SUSIANI (31), TKI asal dusun Barat, desa Kalisat, kecamatan Kalisat, kabupaten Jember, tewas di Brunei Darussalam. Sempat dirawat di rumah sakit Brunei Darussalam. Setelah mengalami koma selama 19 hari, Susiani akhirnya meninggal pada hari Selasa, 19 Juni.

“"Dari keterangan via telpon dari saudaranya yang bekerja di Brunei, Susi tewas karena terjatuh dari tangga, setelah ada operasi polisi”," jelas Sugeng, adik korban.

Susiani, ibu satu orang anak ini sudah bekerja di Brunei selama empat tahun. Selama itu pula, ia tidak pernah pulang ke kampung halamannya. Ia sempat pulang ke Indonesia, tetapi tidak ke Jember, hanya untuk memperpanjang visa kerjanya”, tambah Sugeng.

Untuk kepulangan jenazah Susiani sendiri, keluarga di Jember tidak bisa menanggung biaya pengiriman. Pasalnya pihak Kedutaan Besar RI setempat hanya bisa memulangkan jenazah Susiani sampai Surabaya. Setelah itu biaya ditanggung keluarga sendiri.

Akhirnya, pada tanggal 20 Juni, keluarga yang berada di Pontang, kecamatan Ambulu, Jember, melayangkan surat pernyataan yang isinya merelakan jenazah korban dimakamkan di Brunei, ke nomor fax +673 2 330646, milik KBRI di Brunei Darussalam.

“Keluarga di sini tidak sanggup menanggung biaya kepulangan jenazah Susiani, sehingga pihak keluarga merelakan jenazah dimakamkan di sana.

"Dari pada nantinya terlantar”," tukas Sugeng kepada Migrant Voices.

Sementara itu, M. Cholily, perwakilan Gerakan Buruh Migran Indonesia dari Jember, sangat menyayangkan tindakan keluarga korban, yang telah mengirimkan surat pernyataan. “Dengan adanya surat itu, berarti kasus meninggalnya Susiani sudah ditutup. Akhirnya pihak agency tidak akan bertanggungjawab untuk memulangkan jenazah korban”, terang Cholili. (hilmi)

No comments:

LAPORAN
MEDIA MASSA!