11 March 2008

Perempuan si Pemakan “Tank”!!!

Suatu hari dipagi hari, perut si Badrun lagi kelaparan. Maklum belum sarapan pagi. Akhirnya ia dapat akal untuk membeli sebungkus nasi di warung dekat rumahnnya. Setelah nasi bungkus ada di pegangannya ia pun kembali ke rumahnya.

Sebelum menyantap makanan, ia terbiasa mencuci tangan terlebih dahulu.

Ketika ia hampir melahap nasi bungkus yang sudah ia pegang, tiba-tiba muncul si Big-big.

Dengan perasaan sedikit agak kurang enak hati (maklum termasuk orang timur), ia pun basa-basi seolah-olah menawari makan kepada Big-big dengan melontarkankan sebuah pertanyaan: Sudah sarapan Big???

Big-big pun menjawabnya dengan tegas dan santai: Ya, Tank!!!

Seketika itu pulalah si Badrun langsung menggagalkan melahap nasi yang sudah ada di genggaman tangannya. Hampir dia tersedak.

Betapa tidak, ia sangat kaget dan terkejut mendengar jawaban Big-big karena perempuan ini sarapannya saja ia dengan ”tank”. Pikirnya, bagaimana dengan makan siang dan makan malamnya nanti.

Karena penasaran ia pun ”tabayyun” alias ”klarifikasi” kepada si Big-big. Maksudmu??? Dengan nada heran.

Lagi-lagi Big-big pun menjawab: Ya Tanks!!! Dengan nada penegasan, kali ini sesungguhnya rada kedengaran suara desis ”s” di belakang ujarnya.

Badrun dibuat lebih terkejut lagi karena jawaban sebelumnya dengan ”Tank” (minus ”s”) yang artinya sebuah Tank (wahana perang tempur) sekarang dijawab dengan ”Tanks” (dengan tambahan ”s”) yang dipahami dengan beberapa atau banyak wahana tank. Pusinglah dia!!!

Usut punya usut setelah ia membuka kamus bahasa Indonesia dan kamus bahasa Inggris, barulah ada sebuah gambaran bahwa kalimat yang ia dengar dengan bunyi ”Teng” itu dimungkinkan bersumber dari dua kata bahasa Inggris yang arti bahasa Indonesianya berbeda-beda, yaitu Teng yang pertama adalah dimaksud ”Tank”, sebuah kendaraan tempur, sedangkan Teng yang ke 2 adalah Thank(s) yang mempunyai arti terima kasih.

Maklum, pendengaran si Badrun belum terbiasa dengan pendengaran bahasa Inggris apalagi saat ia mendengar suara ”Teng”, ia baru saja selesai membaca berita harian yang menginformasikan ”Tank Tenggelam, 6 Orang Tewas & 1 Marinir yang Mengalami Musibah Masih Dicari”.
Sedangkan si Big-big, ia lagi coba-coba pakai bahasa Inggris supaya dijuluki anak gaul karena ia memang tidak gaul.**

No comments:

LAPORAN
MEDIA MASSA!