06 March 2008

Pihak Keluarga Menyatakan Kasus Leny Belum Tuntas
















Kendati jenazah sudah dipulangkan dan diantar oleh pihak perusahaan yang mempekerjakan Leny hingga ke rumah duka, namun pihak keluarga mengatakan persoalan ini masih belum tuntas. Leny adalah seorang buruh migran asal Jember yang meninggal di negara tujuan dan jenazahnya belum lama ini dipulangkan.

”Saya masih merasa ada kejanggalan-kejanggalan mengenai meninggalnya putri kami. Sebelum berangkat saya sudah mendapat kepastian bahwa bagi Leny pihak perusahaan sudah menyiapkan fasilitas kendaraan yang sangat bagus dari perusahaan dengan sopir yang wajib ekstra hati-hati. Akan tetapi kenapa bisa kecelakaan dengan kendaraan umum?” ungkap bapak Saharudin, ayah Leny, dengan rasa kesal di Jember.

”Saya masih merasa sangsi terhadap ungkapan perwakilan perusahaan yang menyatakan: ’jenazah harus segera dikubur setelah 3 jam dibuka’. Kenapa harus begitu? Padahal jenazah itu kan pasti sudah diformalin sebelum dikirim ke sini? Ada apa ini?” sambungnya dengan nada heran.

Karena kejanggalan-kejanggalan inilah pihak keluar akan tetap memperjuangkan dengan cara akan mengadukan persoalan ini kepada pihak pemerintah. Baik kepada pihak Disnakertrans kabupaten Jember, BP2TKI Jawa Timur maupun kepada BNP2TKI serta Dirjen Perlindungan WNILN Departemen Luar Negeri di Jakarta. Semua instansi pemerintah ini masih belum melakukan apa-apa atau belum kontak sama sekali kepada pihak keluarga korban.

Seluruh keluarga besar Leny berharap pemerintah mempunyai komitmen untuk mengungkap kasus ini serta bisa menegakkan keadilan bagi korban. (8183)

No comments:

LAPORAN
MEDIA MASSA!